INVESTASI LOGAM MULIA

Utsssssss pharetra augue nec augue integer rutrum ante eu lacus



2 logam yang diciptakan oleh allah swt yang mempunyai nilai

•Allah telah menciptakan dua logam berharga, emas dan perak, sebagai ukuran nilai bagi semua komoditas (barang dagangan). Emas dan perak juga biasa digunakan manusia untuk disimpan sebagai harta kekayaan. Meski dalam kondisi tertentu ada hal - hal lain yang layak disimpan , namun tujuan akhirnya adalah mendapatkan emas dan perak. Semua komoditas tergantung pada fluktuasi pasar, sedangkan emas dan perak itu kebal dari (hukum) fluktuasi pasar. (ibnu khaldun)
•Di zaman kini, emas dianggap para ekonom dan pakar keuangan sebagai investasi paling aman. Peter Bernstein, pakar keuangan terkemuka dunia, misalnya pernah mengatakan , "Gold is the ultimate certainty and escape from risk" emas itu kepastian terakhir dan bisa keluar dari resiko. Artinya ketika yang lain berjatuhan, maka emas tetap menunjukkan kesaktiannya, kenapa begitu?
•Pertama, karena emas itu produk investasi yang tahan banting, bisa menangkal inflasi. (Safir Senduk, detik.com 08-9-2008) Hal ini contohnya, dibuktikan berdasarkan fakta berikut ini, ketika krisis rupiah pada tahun 1997, nilai emas di Indonesia melonjak 375% dalam kurun waktu tujuh bulan. Dan ketika krisis rubel di rusia,1998, nilai emas di Rusia, naik 307% dalam waktu delapan bulan. Meskipun harga emas dalam dolar AS turun sekitar 30% sejak 1990, rata - rata harga emas dunia justru naik sebesar 20% 
•Kedua, emas adalah komoditas unik. 

     Emas, sebagaimana ditulis Nofie Imam, dalam buku kiat membiakkan uang di masa sulit, barangkali merupakan satu - satunya        komoditas yang ditimbun, sementara komoditas lain berusaha untuk dikonsumsi. Emas yang ada saat ini bukan berasal dari perut bumi, melainkan emas yang dimiliki orang. Suplai dari tambang emas jumlahnya tidak signifikan dan hanya bisa ditingkatkan kurang dari 2% per tahun. Karena tambang emas tidak bisa meningkatkan permintaan secara drastis, otomatis emas yang dimiliki investor menjadi sangat bernilai. Praktis suplai emas terbatas dan harga yang terbentuk mencerminkan permintaa emas tersebut.

Keuntungan Berinvestasi di logam mulia

 

• Emas menawarkan kemudahan.

   Anda dapat membeli untuk investasi maupun melindungi diri terhadap   penurunan mata uang dan inflasi. Selain itu emas juga sangat mudah untuk diperjualbelikan dan hadir dalam bentuk yang beragam

• Nilai emas itu abadi

   Seperti telah disinggung, bahwa nilai jual emas tetap tinggi hingga menggugah para pemodal untuk berbisnis emas. Emas juga dianggap tidak memiliki zero inflation effect. Hal tersebut sangat berbeda dengan uang yang anda miliki - yang terus tergerus nilainya akibat inflasi. Dan nilai emas itu sendiri ditentukan oleh permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar, bukan oleh kebijakan bank sentral atau campur tangan pemerintah, layaknya uang. Jika terjadi krisis keuangan atau gonjang - ganjing politik, uang yang anda miliki bisa anjlok nilainya, namun hal ini tidak terjadi pada emas. Sebaliknya saat krisis dan ketidak pastian terjadi, emas justru merajuk nilainya.

• Dalam Al Quran sendiri , Allah pernah singgung ihwal emas sebagai investasi ketiga setelah 'investasi' istri shalehah dan 'investasi' anak yang saleh. " Dijadikan indah pada(pandangan) manusia, kecintaan kepada apa - apa yang diingini , yaitu wanita dan anak - anak, harta yang banyak dari jenis emas,perak, kuda pilihan, binatang ternak,sawah, dan ladang" (QS. Ali Imran : 14) Firman ini semakin menegaskan betapa investasi emas itu sangat bernilai. Terlebih mengacu pada konsep investasi syariah, investasi emas adalah salah satu investasi yang dikelola sendiri dan tidak bergantung pada kinerja pihak ketiga.

    Selain itu, emas juga bisa menjadi faktor produksi. Artinya emas yang disimpan bukanlah sesuatu yang menganggur begitu saja. Emas dapat juga dioptimalkan dengan transaksi rahn(gadai) sesama muslim atau bisa juga melalui institusi pegadaian syariah.

 

Sejarah pertumbuhan emas

 

Emas batangan merupakan salah satu instrument investasi yang menjadi nilai lindung sebuah asset.

Seperti kita ketahui bahwa uang merupakan investasi yang mempunyai nilai inflasi cukup tinggi,sehingga banyak masyarakat yang mencari emas batangan sebagai nilai lindung apabila mata uang mengalami inflasi

Emas merupakan instrument investasi sebagai nilai lindung

 

Salah satu instrument investasi yang dapat menjaga nilai asset dari inflasi,deflasi dan stagnasi adalah emas.

Contoh : pada saat Indonesia mengalami krisis pada tahun 1998 dimana nilai rupiah mengalami kehancuran yang mengakibatkan harga barang 2x mengalami kenaikan akibat rupiah yang mengalami pelemahan maka emaslah yang dapat menjaga nilai rupiah bagi masyarakat atau pengusaha yang memiliki emas.

 

SYARAT - SYARAT PENGAJUAN KEPEMILIKAN LOGAM MULIA  KOPKAR PT TIGARAKSA SATRIA

  1. Karyawan tetap PT Tigaraksa Satria, Tbk.
  2. Masa kerja di perusahaan minimal 1 (satu) tahun dan anggota Koperasi minimal 3 (tiga) bulan.
  3. Besaran Kredit kepemilikan logam mulia :

Gaji Pokok 

Masa kerja 
1 s/d 3 Th  >3 s/d 6 Th  > 6 Th
S/d 3 Jt  5 Gram 7,5 Gram 10 Gram
> 3-6 Jt  7,5 Gram 10 Gram 12,5 Gram
> 6-8 Jt  12,5 Gram 15 Gram 20 Gram
> 8 Jt 20 Gram 25 Gram 30 Gram

   4.​ Masa angsuran kepemilikan logam mulia maksimal 12 bulan.

    5.  Margin logam mulia 1% (satu perseratus) per bulan tetap (Fixed Rate)

    6.  Biaya administrasi sebesar 2% (dua per seratus) 

    7.  Apabila kredit logam mulia dilunasi sebelum masa angsuran berakhir maka akan dikenakan biaya administrasi       sebesar       50% dari sisa Margin yang belum diangsur

    8.  Penghitungan harga emas dihitung setelah pengajuan di setujui dan emas akan diserahkan kepada pemohon  setelah selesai masa cicilan / Lunas.

    9.  Dokumen pendukung : ~ Foto copy KTP 

                                              ~ Foto copy slip gaji terakhir

                                              ~ NPWP

   10. Bila anggota sudah mengajukan pinjaman jangka panjang dan pinjaman online maka tidak bisa lagi mengajukan program ini

 Salam,

Team Kopkara

Share this:

Berita terkait

Komentar

Kirim komentar

Make sure you enter the () required information where indicated. HTML code is not allowed.